PROKER dan STRUKTUR ORGANISASI OSIS SMK BP Dukuhwaru



PENGESAHAN



Program Kerja OSIS SMK Bhakti Praja Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016 / 2017 yang disusun oleh pembina OSIS telah diperiksa dan disahkan pada .................................... 2016









Oleh
Kepala Sekolah



Drs. D A S O R I
NIP. 19630809 198803 1 011




Daftar isi
1.       Sejarah berdirinya OSIS
  1. Dasar Hukum
  2. Fungsi
  3. Tujuan
  4. Latar belakang berdirinya OSIS
  5. Perangkat OSIS
a.    Pembina OSIS
b.    Perwakilan Kelas
c.    Pengurus OSIS
c.1 Syarat Pengurus OSIS
c.2 Kewajiban Pengurus
c.3 Struktur dan rincian tugas pengurus
c.4 Pokok – pokok kegiatan seksi
  1. Rapat Perangkat OSIS
  2. Tata Cara Pemilihan
  3. Proker OSIS
  4. Struktur Pengurus OSIS
  5. Rencana Anggaran


















KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan Inayah-Nya pada kita. Kami selaku pembina OSIS SMK Bhakti Praja Dukuhwaru Kabupaten Tegal periode 2016 / 2017 telah dapat menyelesaikan program kerja OSIS dengan baik.

Harapan kami selaku pembina OSIS semoga program kerja OSIS ini dapat dijadikan acuan guna memudahkan dalam menyusun, melaksanakan program kegiatan OSIS dan pembinaan siswa serta membantu Kepala Sekolah dalam melaksanakan tugasnya.

Kami menyadari bahwa tidak sedikit kelemahan dan kekurangan yang ada dalam program kerja OSIS dan kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu serta membimbing dalam penyusunan program kerja ini, semoga kami dapat mengelola program kerja OSIS ini menjadi program – program kegiatan OSIS SMK Bhakti Praja Dukuhwaru
Kabupaten tegal periode 2016 / 2017 yang dapat dilaksanakan dengan baik demi
kemajuan sekolah,amin......











Dukuhwaru, 18 Juli 2016
Pembina OSIS

 

 Sujatno, S. Pd
NIY. 850 060 332


 





1.       SejarahBerdirinya OSIS
Sebelum lahirnya OSIS, di sekolah-sekolah tingkat SLTP dan SLTA terdapat organisasi yang bebagai macam corak bentuknya. Ada organisasi siswa yang hanya dibentuk bersifat intern sekolah itu sendiri, dan ada pula organisasi siswa yang dibentuk oleh organisasi siswa di luar sekolah. Organisasi siswa yang dibentuk dan mempunyai hubungan dengan organisasi siswa dari luar sekolah, sebagian ada yang mengarah pada hal-hal bersifat politis, sehingga kegiatan organisasi siswa tersebut dikendalikan dari luar sekolah sebagai tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar.

Akibat dari keadaan yang demikian itu, maka timbullah loyalitas ganda, disatu pihak harus melaksanakan peraturan yangdibuat Kepala Sekolah, sedang dipihak lain harus tunduk kepada organisasi siswa yang dikendalikan di luar sekolah.

Dapat dibayangkan berapa banyak macam organisasi siswa yang tumbuh dan berkembang pada saat itu, dan bukan tidak mungkin organisasi siswa tersebut dapat dimanfaatkan untu kepentingan organisasi di luar sekolah.

Pembinaan dan pengembangan generasi muda diarahkan untuk mempersiapkan kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional dengan memberikan bekal keterampilan, kepemimpinan, kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotisme, idealisme, kepribadian dan budi pekerti luhur.

Oleh karena itu pembanguan wadah pembinaan generasi muda di lingkungan sekolah yang diterapkan melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) perlu ditata secara terarah dan teratur.

Betapa besar perhatian dan usaha pemerintah dalam membina kehidupan para siswa, maka ditetapkan OSIS sebagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan secara nasional. Jalur tersebut terkenal dengan nama “Empat Jalut Pembinaan Kesiswaan”, yaitu :
  1. Organisasi Kesiswaan
  2. Latihan Kepemimpinan
  3. Kegiatan Ekstrakurikuler
  4. Kegiatan wawasan Wiyatamandala
Dengan dilandasi latar belakang sejarah lahirnya OSIS dan berbagai situasi, OSIS dibentuk dengan tujuan pokok : Menghimpun ide, pemikiran, bakat, kreativitas, serta minat para siswa ke dalam salah satu wadah yang bebas dari berbagai macam pengaruh negative dari luar sekolah. Mendorong sikap, jiwa dan semangat kesatuan dan persatuan di antara para siswa, sehingga timbul satu kebanggaan untuk mendukung peran sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar. Sebagai tempat dan sarana untuk berkomunikasi, menyampaikan pemikiran, dan gagasan dalam usaha untuk mematangkan kemampuan berfikir, wawasan, dan pengambilan keputusan.

2.       Dasar Hukum
1.    Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas
2.    Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
3.    Permendiknas Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
4.    Permendiknas Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
5.    Permendiknas Nomor 39 tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan





3.       Fungsi
Salah satu ciri pokok suatu organisasi ialah memiliki berbagai macam fungsi. Demikian pula OSIS sebagai suatu organisasi memiliki pula beberapa fungsi dalam mencapai tujuan. Sebagai salah satu jalur dari pembinaan kesiswaan,fungsi OSIS diantaranya :

·           Sebagai Wadah
Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan.

·           Sebagai Motivator
Motivator adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan dan semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.

·           Sebagai Preventif
Apabila fungsi yang bersifat intelek dalam arti secara internal OSIS dapat menggerakkan sumber daya yang ada dan secara eksternal OSIS mampu beradaptasi dengan lingkungan, seperti menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya. Dengan demikian secara prepentif OSIS ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman dari luar maupun dari dalam sekolah. Fungsi preventif OSIS akan terwujud apabila fungsi OSIS sebagai pendorong lebih dahulu harus dapat diwujudkan.

4.       Tujuan
Setiap organisasi selalu memiliki tujuan yang ingin dicapai, begitu pula dengan OSIS ada
beberapa tujuan yang ingin dicapai, antara lain :

1.    Meningkatkan generasi penerus yang beriman, bertaqwa dan berkarakter
2.    Memahami, menghargai lingkungan hidup dan nilai-nilai moral dalam mengambil keputusan yang tepat
3.    Membangun landasan kepribadian yang kuat dan menghargai HAM dalam kontek kemajuan budaya bangsa
4.    Membangun, mengembangkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air dalam era globalisasi
5.    Memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerjasama secara mandiri, berpikir logis dan demokratis
6.    Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menghargai karya dan budaya
7.    Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani memantapkan kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.



5.       Latar belakang berdirinya OSIS

Tujuan nasional Indonesia, seperti yang tercantum pada Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, adalah melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dan secara operasional diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pembangunan Nasional dilaksanakan di dalam rangka pembangunan bangsa Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia. Pembangunan pendidikan merupakan bagian dari Pembangunan Nasional. Di dalam garis-garis besar haluan Negara ditetapkan bahwa pendidikan nasional berdasarkan Pancasila, bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang maha Esa, kecerdasan dan keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian, mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air, agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

Garis-garis Besar Haluan Negara juga menegaskan bahwa generasi muda yang di dalamnya termasuk para siswa adalah penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945.

Mengingat tujuan pendidikan dan pembinaan generasi muda yang ditetapkan baik di dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 maupun di dalam garis-garis besar Haluan Negara amat luas lingkupnya, maka diperlukan sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang merupakan jalur pendidikan formal yang sangat penting dan strategis bagi upaya mewujudkan tujuan tersebut, baik melalui proses belajar mengajar maupun melalui kegiatan ekstrakurikuler.

6.       Perangkat OSIS
Perangkat OSIS terdiri dari Pembina OSIS, perwakilan kelas, dan pengurus OSIS.
A.     Pembina OSIS
Tugas dari Pembina OSIS:
·       Bertanggung jawab atas seluruh pengelolaan, pembinaan, dan pengembangan OSIS di sekolahnya;
·       Memberikan nasihat kepada perwakilan kelas dan pengurus;
·       Mengesahkan keanggotaan perwakilan kelas dengan SK Kepala Sekolah;
·       Mengarahkan penyusunan program kerja OSIS
·       Menghadiri rapat-rapat OSIS
·       Mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas OSIS
·        
B.     Perwakilan Kelas
Badan ini disebut sebagai Majelis Perwakilan Kelas / Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK). Posisi Badan ini berada diatas OSIS dan berperan sebagai pengawas kebijakan OSIS. Terdiri atas 2 (dua) orang dari setiap kelas.

Tugas MPK antara lain :
·       Mewakili kelasnya dalam rapat perwakilan kelas ;
·       Mengajukan usul kegiatan untuk dijadikan program kerja OSIS;
·       Mengajukan calon pengurus OSIS berdasarkan hasil rapat kelas ;
·       Menilai laporan pertanggung jawaban pengurus OSIS pada akhir tahun jabatannya;
·       Bersama- sama pengurus menyusun Anggaran Rumah Tangga.

C.     Pengurus OSIS
C.1 Syarat Pengurus OSIS antara lain :
·       Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
·       Memiliki budi pekerti yang baik, sopan santun terhadap orang tua, guru, dan teman
·       Memiliki bakat sebagai pemimpin
·       Tidak terlibat penggunaan Narkoba
·       Memiliki kemauan, kemampuan, dan pengetahuan yang memadai
·       Dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya, sehingga pelajarannya tidak terganggu karena menjadi pengurus OSIS
·       Tidak duduk dikelas terakhir ( Kelas XII ), karena akan menghadapi ujian akhir

C.2   Kewajiban Pengurus :
·       Menyusun dan melaksanakan program kerja
·       Selalu menjunjung tinggi nama baik, kehormatan, dan martabat sekolahnya
·       Kepemimpinan pengurus OSIS bersifat kolektif
·       Menyampaikan laporan pertanggung jawaban kepada Pembina OSIS pada akhir masa jabatannya
·       Selalu berkonsultasi dengan Pembina

C.3   Struktur dan Rincian Tugas Pengurus
Pengurus Harian Majelis Permusyawaratan Kelas, terdiri dari:
o   Ketua OSIS
o   Wakil Ketua OSIS
o   Sekretaris dan wakil
o   Bendahara dan wakil

·       Ketua OSIS , tugas:
1.    Memimpin organisasi dengan baik dan bijaksana
2.    Mengkoordinasikan semua aparat kepengurusan
3.    Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh aparat kepengurusan
4.    Memimpin rapat
5.    Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat
6.    Setiap saat mengevaluasi kegiatan aparat kepengurusan

·       Wakil Ketua OSIS, tugas:
1.    Bersama-sama ketua menetapkan kebijaksanaan
2.    Menggantikan ketua jika berhalangan
3.    Membantu ketua dalam melaksanakan tugasnya
4.    Wakil ketua bersama dengan wakil sekretaris mengkoordinasikan seksi-seksi

·       Sekretaris, tugas:
1.    Memberikan saran kepada ketua dalam rangka mengambil keputusan
2.    Mendampingi ketua dalam memimpin setiap rapat
3.    Menyiarkan, mendistribusikan dan menyimpan surat serta arsip yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan
4.    Menyiapkan laporan, surat, hasil rapat dan evaluasi kegiatan
5.    Bertanggung jawab atas tertib administrasi organisasi
6.    Bertindak sebagai notulis dalam rapat, atau diserahkan kepada wakil sekretaris

·       Wakil Sekretaris, tugas:
1.    Aktif membantu pelaksanaan tugas sekretaris
2.    Menggantikan sekretaris jika sekretaris berhalangan
3.    Wakil sekretaris membantu wakil ketua mengkoordinir seksi-seksi

·       Bendahara dan Wakil Bendahara, tugas:
1.    Bertanggung jawab dan mengetahui segala pemasukan pengeluaran biaya
2.    Membuat tanda bukti kwitansi setiap pemasukan pengeluaran uang untu pertanggung jawaban
3.    Menyampaikan laporan keuangan secara berkala

·       Koordinator Seksi, tugas:
1.    Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan seksi yang menjadi tanggung jawabnya
2.    Melaksanakan kegiatan seksi yang diprogramkan
3.    Memimpin rapat seksi
4.    Menetapkan kebijaksanaan seksi dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat



7.       Rapat Perangkat OSIS
Rapat Pleno Perwakilan Kelas / Sidang Pleno MPK
Adalah rapat yang dihadiri seluruh anggota perwakilan kelas (APK) atau Anggota MPK.
Rapat ini diadakan untuk:
1.    Pemilihan pimpinan rapat perwakilan kelas yang terdiri dari seorang ketua, seorang wakil ketua, dan seorang sekretaris
2.    Pencalonan pengurus
3.    Penilaian laporan pertanggung jawaban pengurus OSIS pada akhir masa jabatan
4.    Acara, waktu, dan tempat rapat dikonsultasikan dengan Ketua Pembina
Rapat Pengurus
Rapat Pleno Pengurus, adalah rapat yang dihadiri seluruh anggota pengurus OSIS, untuk
membahas:
1.    Penyusunan program kerja tahunan OSIS
2.    Penilaian pelaksanaan program kerja pengurus OSIS tengah tahunan dan tahunan
3.    Membahas laporan pertanggung jawaban OSIS pada akhir masa jabatan
Rapat Pengurus Harian, adalah rapat yang dihadiri oleh ketua, wakil-wakil ketua,
sekretaris, wakil sekretaris, bendahara dan wakilnya, untuk membicarakan dan
mengkoordinasikan pelaksanaan pekerjaan sehari-hari.

Rapat Koordinasi, terdiri dari:
  1. Rapat Seksi, adalah rapat yang dipimpin oleh ketua seksi
  2. Rapat luar biasa dapat diadakan dalam keadaan yang mendesak atas usul pengurus OSIS atau perwakilan kelas, setelah terlebih dahulu dikonsultasikan dan disetujui oleh pembina OSIS.
8.       Tata Cara Pemilihan
Tata cara pemilihan Perwakilan Kelas dan pemilihan Pengurus OSIS adalah sebagai
berikut:
Pemilihan Pengurus Harian Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK)
1.    Pemilihan ini digunakan untuk memilih Ketua MPK, Wakil Ketua MPK, beserta Sekretaris dan Bendahara MPK.
2.    Calon Pengurus Harian wajib mengikuti seleksi yang diadakan oleh MPK/OSIS.
3.    Sedikitnya hasil seleksi menghasilkan 4 Calon Ketua MPK, 3 Calon Sekretaris MPK< dan 3 Calon Bendahara MPK.
4.    Kandidat yang berhasil terpilih akan mengikuti mekanisme yang telah ditetapkan sesuai Sidang Pleno MPK sebelumnya.
5.    Pemilihan dapat dilakukan dengan metode Pemungutan Suara dan/atau Musyawarah Mufakat.
6.    Syarat Melakukan Pemilihan melalui metode Pemungutan Suara :
a.    Sedikitnya setiap kelas mengirimkan 1 orang perwakilan kelasnya, dan Maksimal mengirimkan 3 orang untuk mengikuti Pemungutan Suara.
b.    Kandidat Pengurus Harian MPK wajib mengikuti jalannya Pemungutan Suara.
c.    Pemungutan Suara dikatakan Syah apabila dihadiri oleh Pembina MPK/OSIS.
d.   Penghitungan dilakukan secara terbuka dan terang-terangan dihadapan peserta Pemungutan Suara.


7.    Syarat Melakukan Pemilihan melalui metode Musyawarah Mufakat :
a.    Sedikitnya Anggota Perwakilan Kelas yang hadir 2/3 dari total Anggota Perwakilan Kelas seluruhnya.
b.    Pimpinan Musyawarah ialah Ketua MPK yang sedang menjabat.
c.    Kandidat Pengurus Harian MPK dilarang keras mengikuti jalannya Musyawarah.
d.   Musyawarah Mufakat dikatakan Syah apabila dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan.
e.    Musyawarah dikatakan selesai apabila terjadi Mufakat dan tidak terdapat pertentangan pendapat lagi.
Pemilihan atau pembentukan Pengurus OSIS
a.    Pemilihan/pembentukan pengurus OSIS diselenggarakan selambat- lambatnya 1 (bulan) setelah terbentuknya perwakilan kelas.
b.    Penyelenggara Pemilihan atau Pembentukan pengurus OSIS dibentuk oleh Kepala Sekolah, dengan unsure-unsur panitia pemilihan OSIS terdiri dari: pembina OSIS, pengurus OSIS lama, perwakilan Kelas, siswa.
c.    Ketua dan wakil ketua OSIS dipilih secara langsung dalam satu paket oleh seluruh siswa dalam waktu 1 (satu) hari dan hasilnya diumumkan secara langsung.
d.   Ketua dan wakil ketua terpilih segera melengkapi kepengurusan OSIS selambat- lambatnya 1 (minggu) setelah pemilihan.


































9.       PROGRAM KERJA OSIS
PENDAHULUAN                             

Program kerja merupakan acuan untuk melaksanakan suatu kegiatan. Setiap aktivitas selalu didahului dengan rencana kegiatan (program kerja). OSIS sebagai suatu organisasi juga memiliki kegiatan yang telah terprogram. Hal ini dimaksudkan agar seluruh aktivitas OSIS dapat terarah sesuai dengan program yang telah dirumuskan.

Program kerja OSIS merupakan suatu uraian yang terdiri dari berbagai macam kegiatan OSIS yang akan dilaksanakan oleh para pengurus OSIS dan para siswa SMK Bhakti Praja Dukuhwaru yang tergabung dalam wadah organisasi OSIS SMK Bhakti Praja Dukuhwaru. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan tempat berkreasinya para siswa melalui berbagai macam kegiatan yang ada dalam program OSIS.


PROGRAM KERJA OSIS SMK BHAKTI PRAJA DUKUHWARU sebagai berikut :

No
Pelaksana
Kegiatan
Keterangan
1.
Seksi keimanaan & ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

a.    Memperingati hari-hari besar agama;
b.    Mengadakan lomba bersifat keagamaan;
c.    Membina toleransi antara umat beragama.
1.    Peringatan IsraMi’raj;
2.    Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW
3.    Peringatan Nuzulul Qur’an
4.    Latihan Qurban
5.    Peringatan 1 Muharam
6.    Festival Hadroh
7.    Istighozah

2.
Seksi budi pekerti luhur/ ahlak mulia

a.    Melaksanakan kegiatan 7K
(keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian, dan kerindangan)
b.    Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah;
c.    Menumbuhkembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama
d.   Penerapan tata tertib sekolah. 
1.    Mengadakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial)
2.    Membantu siswa yang mengalami musibah/ kecelakaan/ Meninggal dunia
3.    Menertibkan kegiatan yang berlangsung;


3.
Seksi keperibadian unggul, wawasan kebangsaan & bela Negara

a.     Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan hari-hari besar nasional
b.     Melaksanakan kegiatan bela negara;
c.     Menjaga & menghormati simbol-simbol dan lambang-lambang negara;
d.    Melaksanakan kegiatan kepramukaan;
e.     Meningkatkan kerja sama bela negara dan patriotisme antar siswa;
f.      Mengadakan lomba menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars & Hymne).

1.    Menyiapkan peralatan upacara
2.    Melaksanakan upacara bendera pada hari Senin serta hari-hari besar nasional;
3.    Mengadakan acara perpisahan kelas XII;
4.    Ikut serta dalam merayakan hari-hari besar nasional seperti sumpah pemuda, HARDIKNAS dan HUT RI;
5.    Mengadakan ekstra kurikuler

4.       
Seksi prestasi akademik, seni dan olah raga

a.    Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi, panel yang bernuansa iptek;
b.    Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah;
c.    Mengadakan study banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar;
d.   Menyelenggarakan kegiatan ilmiah;
e.    Membentuk klub sains, seni, dan olah raga.

1.      Menyelenggarakan Festival dan lomba seni;
2.      Mengadakan Class meeting akhir semester;
3.      Temu OSIS Se-Kab. Tegal;
4.      Membentuk ekstrakulikuler:
-      Senitari
-      Paduan Suara
-      Mading
-      Rebana
-      Volly
-      Futsal
-      PencakSilat
-      Study Club


5.       
Seksi Demokrasi, HAM, pendidikan politik, Organisasi dan kepemimpinan

a.    Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing;
b.    Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat;
c.    Melaksanakan kegiatan Pengenalan lingkunganSekoahSiswa Baru yang bersifat akademik dan tanpa kekerasan.
1.    MPLS SB Tahun Pelajaran 2016/2017
2.    Membuat kotak suara sebagai ajang kritik/saran;
3.    Mengadakan lomba kebersihan danlingkungan kelas;
4.    Membentukekstrakulikuler:
-      Pramuka
-      Paskibra
-      PMR

6.
Seksi kreativitas, keterampilan, dan kewirausahaan

a.    Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna;
b.    Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;
c.    Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa

1.    Mengaktifkan dan mengelola madding
2.    Mengadakan bazar  pada HUT SMK BP Dukuhwaru
3.    Mensosialisasikan kursus, seperti :
-          Kursus computer
-          Kursus sepeda motor
-          Kursus setir mobil

7.
Seksi kualitas jasmani, kesehatan, dan gizi

a.    Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat;
b.    Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS);
c.    Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV/AIDS;
d.   Melaksanakan pengamanan jajanan
di sekolah
1.    Mengadakan kebersihan lingkungan sekolah setiap hari jum’at (jum’atbersih)
2.    Membantu dan menertibkankegiatan UKS, Kegiatan PMR;
3.    Mengadakan lomba kebersihan kelas;
4.    Mengadakansenam setiap 1 minggusekali;
5.    Membersihkan ruang  Guru, ruang Tamu /Ruang TU
6.    Membuat pemeriksaan berat dan tinggi badan bagi siswa baru;
7.    Memperingatihari HIV/AIDS nasional pada tanggal 1 Desember;

8.
Seksi sastra dan budaya

a.    Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra;
b.    Menyelenggarakan festival/lomba sastra dan budaya;
c.    Meningkatkan apresiasi budaya.
1.    Mengadakan lomba fashion show sesuai dengan kegiatan yang diperingati;
2.    Mengadakan lomba – lombaseperti :
-      Lomba karya ilmiah
-      Lomba membuat dan baca puisi
-      Lomba membuat cerpen
-      Lomba melukis
3.    Membentuk ekstrakulikuler :
-      Teater

9.
Seksi teknologi informasi dan komunikasi

a.    Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran;
b.    Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi;

1.    Mengadakanlomba – lombaseperti :
-      Lomba edit foto,
-      Lomba karya tulis
Yang dapatdikirimmelalui email OSIS;

10.
Seksi komunikasi dalam bahasa inggris
a.    Melaksanakan lomba debat dan pidato;
b.    Melaksanakan lomba menulis
c.    Melaksanakan English Day;
d.   Melaksanakan kegiatan bercerita dalam bahasa Inggris (Story Telling);
e.    Melaksanakan lomba puzzies words/scrabble.
1.    Membuat kelompok belajar debat bahasa Inggris yaitu EDC – BPD (English Debating Club Bhakti Praja Dukuhwaru);
2.    Mengadakan lomba dalam bahasa Inggris seperti :
-      Lomba menyanyi
-      Lomba pidato
-      Lomba puisi
-      Lomba story telling, drama dan debat;

I.          Dasar pemikiran

Dasar pemikiran disusunnya program kerja OSIS ini adalah :
1.    Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.    Peraturan Menteri PendidikanNasional Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan Bakat Istimewa.
3.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.
4.    Visi dan Misi SMK Bhakti PrajaDukuhwaru
5.    Program kerja OSIS SMK Bhakti Praja Dukuhwaru


II.       Tujuan

Tujuan dari program kerja ini adalah :
1.    Agar seluruh kegiatan siswa dapat dilaksanakan secara terarah dan terprogram;
2.    Agar sasarand an target yang ingindicapai dalam suatu kegiatan dapat terukur dan
diketahui tingkat keberhasilannya;
3.    Agar menjadi dasar pijakan dalam melaksanakan suatu kegiatan.

III.     Sasaran

Sasaran dari program kerja OSIS ini adalah seluruh siswa
SMK Bhakti PrajaDukuhwaru dan pengurus OSIS SMK Bhakti PrajaDukuhwaru.




IV.    Penutup
Program kerja OSIS disusun sebagai pedoman-pedoman pola yang terarah dalam koordinasi organisasi siswa. Program Kerja ini didasarkan pada upaya pemecahan
setiap hambatan dan permasalahan yang terjadi dengan menetapkan arah kebijaksanaan sebagai landasan program kerja sehingga dalam rangka mengoptimalkan pencapaian tujuan dan misi organisasi yang hendak dicapai dalam kepengurusan, perlu ditetapkan prioritas sasaran program kerja. Adapun prioritas sasaran tersebut berfungsi sebagai kesimpulan program kerja yang harus mewarnai setiap pelaksanaan program. 2016 - 2017.
Begitu kompleksnya permasalahan dan hambatan yang kami hadapi dengan program kerja OSIS ini. Namun keberhasilan sangat relatif dan amat ditentukan oleh tenaga terampil yang ada. Akhirnya kami adalah hanya manusia yang hanya bisa untuk berusaha dan berdoa, namun pada akhirnya hanyalah Tuhan yang menentukan. Semoga dengan tersusunnya program kerja Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK Bhakti Praja dukuhwaru ini dapat terlaksana secara optimal dan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan almamater tercinta.






Dukuhwaru, 18 Juli 2016
Pembina OSIS



Sujatno, S. Pd
NIY. 850 060 332














 STRUKTUR PENGURUS OSIS
SMK BHAKTI PRAJA DUKUHWARU KAB. TEGAL
PERIODE 2016/2017

KETUA OSIS
Aditya Anggareza Firmanullah

WAKIL KETUA
Agus Salim

SEKRETARIS                       : Michael Gonzales
WAKIL SEKRETARIS         : Tazkia Citra Wulandari
BENDAHARA                      : Sugiarti
WAKIL BENDAHARA       : Putritasari

SEKSI – SEKSI                     :
I.              SEKSI KEIMANAAN & KETAQWAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA
a.       Bayu Prayoga                      X TKJ3
b.      Aenun Sofiyah                    X TKJ1
c.       Anggira Rasi Wulandari      X TKJ3
d.      Nichayatun Firza                 X TKJ3
e.       M. Akhsan                           X TSM1

II.           SEKSI BUDI PEKERTI LUHUR/ AHLAK MULIA
a.       Muhamad Topik                  X TKR3
b.      Ismi Nurul Hidayah             X TKJ2
c.       Suciani                                 X TKJ2
d.      Dwi Afton Amaludin          X TKR5
e.       Wisnu Dwi P                       X TKR6

III.        SEKSI KEPERIBADIAN UNGGUL, WAWASAN KEBANGSAAN & BELA NEGARA
a.       Pancas Setiawan                  X TKR6
b.      Sonia Alfina                        X TAV3
c.       Sindi Prihastun                    X TKJ4
d.      Angger Sutriyo                    X TKR6
e.       Anugrah Pantes Melando    X TKR6

IV.        SEKSI PRESTASI AKADEMIK, SENI DAN OLAH RAGA
a.       Marita Tri Haryanti              X TKJ3
b.      Safitri Mulyasari                  X TKJ3
c.       Raihan Akbar                      X TKR4
d.      M. Dandi Iswanto               X TAV3
e.       Ade Nurhakim                     X TKJ1
V.           SEKSI DEMOKRASI, HAM, PENDIDIKAN POLITIK, ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN
a.       Muhamad Iskandar             X TKJ2
b.      Ade Putri Wulandari           X TKJ1
c.       Rifa’atul Azkiyah                X TKJ2
d.      Sabda Yagra A                    X TKJ2
e.       Yusuf Awaludin Akbar       X TKR4

VI.        SEKSI KREATIVITAS, KETERAMPILAN, DAN KEWIRAUSAHAAN
a.       Nova Naeliza                       X TKJ2
b.      Rizal efendi                         X TKR5
c.       Nuriza Astusi                       X TKJ4
d.      Abas Ari Samsuri                X TSM1
e.       M. Arif Maulana                  X TKR5

VII.     SEKSI KUALITAS JASMANI, KESEHATAN, DAN GIZI
a.       Dandre Setiawan                 X TKR3
b.      Dicky Wahyudi                   X TOT1
c.       Meriyani                              X TKJ4
d.      Pipit Iryani                           X TKJ2
e.       Dyah Harum Putri               X TKJ4

VIII.  SEKSI SASTRA DAN BUDAYA
a.       Andi Sutrisno                      X TKR5
b.      M. Rifqi Qifhfirul Aziz       X TKR5
c.       Nadya Alfa Salam               X TKJ2
d.      Cici Paramida                      X TKJ4
e.       Iis Istiqomah                        X TKR1

IX.        SEKSI TEKNOLOGI  INFORMASI DAN KOMUNIKASI
a.       Farah Ni’matul Maula         X TKJ2
b.      Siti Feti Sofiyatul Umamah X TKJ2
c.       Chaerudin                            X TKR5
d.      Muhamad Gunawan                        X TKR5
e.       Prayogi Prasetiawan            X TKR5

X.           SEKSI KOMUNIKASI DALAM BAHASA INGGRIS
a.       Yuni Tasya Saskia               X TKJ4
b.      Fitri Indriyani                      X TKJ2
c.       M. Rendi Maulana               X TKR5
d.      M. Reza Setiawan               X TKR6
e.       Lutfiyanto                           X TKR5





Mengetahui :
Kepala SMK Bhakti Praja Dukuhwaru




Drs. D A S O R I
NIP. 19630809 198803 1 011















Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMK Bhakti Praja Dukuhwaru mborong Piala pada event POPDA 2017 Kab. Tegal

UJIAN PRAKTEK KEJURUAN ( UPK ) SMK BP Dukuhwaru ( 20 Feb - 2 Maret 2017 )